Nasional

Nakhodai MUI 2015-2020 Dipegang KH Ma'ruf Amin

 
SURABAYA – Rais Aam PBNU, KH Ma'ruf Amin, terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2015–2020. KH Ma'ruf Amin terpilih melalui musyawarah oleh Tim Formatur Musyawarah Nasional (Munas) IX MUI di Surabaya.
 
"Tim formatur telah sepakat dan selamat kepada KH Ma'ruf Amin atas amanah ini," kata Ketua Tim Formatur Munas IX MUI, Din Syamsudin, Kamis (27/8/2015) dini hari.
 
Selanjutnya di posisi sekretaris jenderal dipercayakan kepada Anwar Abbas. Posisi wakil ketua umum diisi KH Slamet Effendi Yusuf dan Yanahar Ilyas. Kemudian di kursi bendahara dipercayakan kepada Amani Lubis.
 
Usai pembacaan pengurus baru, Munas IX MUI yang semula akan ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) urung dilakukan. Munas IX MUI yang dihelat di Hotel Garden Palace Surabaya ini akhirnya ditutup oleh ketua umum terpilih.
 
Sementara KH Ma'ruf Amin menyatakan bersyukur dan berterima kasih atas amanah yang diberikan untuk memegang tampuk kepemimpinan MUI lima tahun ke depan. Langkah selanjutnya adalah melakukan konsolidasi organisasi pengurus baru sekaligus melakukan pembenahan dan perumusan rencana kerja.
 
"Dengan begitu, kinerja lebih efektif, termasuk peta dakwah dan sasarannya," kata dia.
 
KH Ma’ruf juga yakin MUI mampu menjadi lembaga besar dan sebagai tenda besar bagi umat Islam sebagaimana diharapkan sejumlah pihak. (rep05)